Pengembangan kurikulum
Konsep Pengembangan Kurikulum
Narasumber : Prof. Anik Gufron
Istilah
Proses pengembangan kurikulum; desain, implementasi, evaluasi, dan penyempurnaan kurikulum.Alasan Pengembangan Kurikulum
- Merespon ITEK
- Merespon perubahan sosial
- Memenuhi kebutuhan peserta didik
- Merespon kemajuan di bidang pendidikan
- Merespon perubahan sistem pendidikan
Kaitan antara pengembangan, perencanaan, dan implementasi kurikulum ( institusional )
Masalah dalam pengembangan kurikulum
- cara memilih materi yang akan diajarkan
- Perbedaan pandangan para pengembang
- penerapan kurikulum pada setiap tingkat pendidikan
- perumusan kurikulum yang fleksibel
- pengaruh pergantian pimpinan
- Insentif untuk penerapan kurikulum
- cara memperoleh informasi yang tepat untuk perumusan kurikulum
- Pemanfaatan sumber daya untuk perbaikan kurikulum
Siapa saja yang terlibat?
- Guru sebagai pelaksanaan penerapan kurikulum di sekolah
- Ahli kurikulum
- Ahli pendidikan terutama pada bidang studi
- Ahli lain di luar bidang pendidikan
- lulusan
- siswa
- pengguna lulusan
Unsur-unsur yang terdapat dalam kurikulum (harus ada)
Sebagai program yang akan dijalani siswa di sekolah- Tujuan atau capaian pembelajaran
- Materi pembelajaran
- Strategi pembelajaran
- Sistem evaluasi
- Hal-hal yang diaktualisasikan di sekolah
Komponen esensial
Dimensi kurikulum
Desain →
implement → yang bersifat aktual
evaluasi → yang melekat pada peserta didik
revisi → setelah dapat hasil penelitian dilakukan revisi
implement → yang bersifat aktual
evaluasi → yang melekat pada peserta didik
revisi → setelah dapat hasil penelitian dilakukan revisi
Elemen Sistem Kurikulum
*Contoh sumber dasarnya berupa ITEK
Komentar
Posting Komentar
Terima kasih anda telah beretika dalam memberikan komentar