Pengembangan kurikulum

Resume 25 September 2018
blogs.uny.ac.id fip.uny.ac.id uny.ac.id

Konsep Pengembangan Kurikulum

Narasumber : Prof. Anik Gufron

Istilah

     Proses pengembangan kurikulum; desain, implementasi, evaluasi, dan penyempurnaan kurikulum.

Alasan Pengembangan Kurikulum

  1. Merespon ITEK
  2. Merespon perubahan sosial
  3. Memenuhi kebutuhan peserta didik
  4. Merespon kemajuan di bidang pendidikan
  5. Merespon perubahan sistem pendidikan

Kaitan antara pengembangan, perencanaan, dan implementasi kurikulum ( institusional ) 


Masalah dalam pengembangan kurikulum

  1. cara memilih materi yang akan diajarkan
  2. Perbedaan pandangan para pengembang
  3. penerapan kurikulum pada setiap tingkat pendidikan  
  4. perumusan kurikulum yang fleksibel
  5. pengaruh pergantian pimpinan 
  6. Insentif untuk penerapan kurikulum 
  7. cara memperoleh informasi yang tepat untuk perumusan kurikulum
  8. Pemanfaatan sumber daya untuk perbaikan kurikulum

Siapa saja yang terlibat?

  1. Guru sebagai pelaksanaan penerapan kurikulum di sekolah  
  2. Ahli kurikulum  
  3. Ahli pendidikan terutama pada bidang studi  
  4. Ahli lain di luar bidang pendidikan  
  5. lulusan  
  6. siswa  
  7. pengguna lulusan

Unsur-unsur yang terdapat dalam kurikulum (harus ada)

Sebagai program yang akan dijalani siswa di sekolah
  • Tujuan atau capaian pembelajaran 
  • Materi pembelajaran 
  • Strategi pembelajaran 
  • Sistem evaluasi 
  • Hal-hal yang diaktualisasikan di sekolah

Komponen esensial

Dimensi kurikulum

Desain →
implement → yang bersifat aktual
evaluasi → yang melekat pada peserta didik
revisi → setelah dapat hasil penelitian dilakukan revisi

Elemen Sistem Kurikulum

     *Contoh sumber dasarnya berupa ITEK

Operasionalisasi Kurikulum

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Model-model Pengembangan Kurikulum

FILSAFAT, TEORI PENDIDIKAN, DESAIN KURIKULUM, DAN TEORI BELAJAR