Konsep Dasar Kurikulum
Resume 18 September 2018
blogs.uny.ac.id fip.uny.ac.id uny.ac.id
Maksudnya kurikulum sebagai jarak yang harus ditempuh.
Menurut para ahli ada 4 klaster atau definisi kurikulum sebagai
Kurikulum Sebagai Produk
Aspek utama Kurikulum Sebagai Produk, terdapat
Kurikulum Sebagai Program
Kurikulum adalah program-program sekolah yang akan dilaksanakan dimasa mendatang sebagai wujud realisasi program.
Komponen pendidikan yang terkait antara lain adalah guru, siswa, sapras.
Kurikulum Sebagai Tujuan yang Terencana
Kurikulum adalah suatu ide/gagasan yang merupakan harapan guru atau orang tua atau orang dewasa yang ingin direalisasikan atau diwujudkan kepada anak.
Kurikulum Sebagai Pengalaman Belajar
Apa-apa yang sudah dimiliki oleh peserta didik setelah melakukan kegiatan pembelajaran.
blogs.uny.ac.id fip.uny.ac.id uny.ac.id
Konsep Dasar Kurikulum
(pembahasan mengenai kurikulum)
Narasumber : Prof. Anik Gufron
Asal Kata
Menurut etimologi, kurikulum berasal dari kata,“Curre” = bertandingMaksudnya kurikulum sebagai tempat peserta didik bertanding untuk menguasai suatu materi pembelajaran guna mencapai “Finish” / “Gelar”.
“Curere” = berlariBerkaitan dengan “Curier” = kurir (seseorang yang membawa suatu hal menuju tujuan dengan menempuh jarak)
Maksudnya kurikulum sebagai jarak yang harus ditempuh.
Definisi Kurikulum
(Beane, etc. ,1991)Menurut para ahli ada 4 klaster atau definisi kurikulum sebagai
- Produk
- Program
- Tujuan yang terencana
- Pengalaman belajar
“kurikulum adalah hasil pengembangan aspek-aspek kurikulum oleh ahli yang digunakan sebagai pedoman”Maksudnya adalah kurikulum merupakan pedoman dalam hal ini adalah proses belajar mengajar dengan luaran suatu produk.
Aspek utama Kurikulum Sebagai Produk, terdapat
- Capaian pembelajaran
- Materi
- Proses pembelajaran
- Sistim penilaian
Kurikulum Sebagai Program
Kurikulum adalah program-program sekolah yang akan dilaksanakan dimasa mendatang sebagai wujud realisasi program.
Komponen pendidikan yang terkait antara lain adalah guru, siswa, sapras.
Kurikulum Sebagai Tujuan yang Terencana
Kurikulum adalah suatu ide/gagasan yang merupakan harapan guru atau orang tua atau orang dewasa yang ingin direalisasikan atau diwujudkan kepada anak.
Kurikulum Sebagai Pengalaman Belajar
Apa-apa yang sudah dimiliki oleh peserta didik setelah melakukan kegiatan pembelajaran.
Pendapat Ahli Mengenai Kurikulum
- John Dewey
"…..education consists primarily in transmission through communication….. As societies become more complex in structure and resources, the need for formal or intentional teaching and learning increases"Kurikulum sebagai program sekolah (laboratorium masyarakat)
- Hilda Taba
A curriculum is a plan for learning; therefore, what is known about the learning process and development of the individual has bearing on the shaping of curriculumRancangan pembelajaran yang menghasilkan produk.
- Orlosky & Smith
Curriculum is the substance of the school program. It is the content pupils are axpected to learn.Program sekolah yang memuat harapan yang ingin dipelajari siswa.
- Goodlad
A curriculum consists of all those learnings intended for student or group of studentsMerumuskan bahwa kurikulum merupakan tujuan pembelajaran
- Casswell and Campbell
…..all of the experiences children have under the guidance of teachers.Pengalaman yang didapat adalah hasil arahan pengajar.
- PP 19 tahun 2005:
"Seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu."Menitikberatkan pada rencana dan pengaturan.
Kurikulum Dalam Perspektif
- Filosofis
- Sosiologi
Sebagai wahana atau sarana untuk sosialisasi (membentuk anak menjadi semakin bermasyarakat atau bersosial) dan pembudayaan (berbudi luhur yang tinggi).
- Psikologi
Kurikulum sebagai suatu alat untuk mengembangkan peserta didik.
Komponen Utama Pendidikan
Kaitan Kurikulum Dengan Pembelajaran
Pembelajaran sebagai implementasi / realisasi dari kurikulum yang berlaku.
Kurikulum sebagai cerminan dari teori pendidikan yang sedang berlaku / berkembang.
Contoh, penerapan kurikulum 2013 merupakan cerminan dari teori pendidikan yang sedang berlaku atau berkembang saat ini yaitu pengembangan pendidikan karakter dan membuat siswa menjadi aktif.
4 Model Kaitan Kurikulum dengan Pembelajaran
- Model Dualistis
- Model saling mengait (interlocking)
- Model Consentric
- Model siklik (cyclic)
Komentar
Posting Komentar
Terima kasih anda telah beretika dalam memberikan komentar