Konsep Dasar Kurikulum

Resume 18 September 2018
blogs.uny.ac.id fip.uny.ac.id uny.ac.id

Konsep Dasar Kurikulum 

(pembahasan mengenai kurikulum)

Narasumber : Prof. Anik Gufron

Asal Kata

Menurut etimologi, kurikulum berasal dari kata,
     “Curre” = bertanding
Maksudnya  kurikulum sebagai tempat peserta didik bertanding untuk menguasai suatu materi pembelajaran guna mencapai “Finish” / “Gelar”.
      “Curere” = berlari
Berkaitan dengan “Curier” = kurir (seseorang yang membawa suatu hal menuju tujuan dengan menempuh jarak)
Maksudnya kurikulum sebagai jarak yang harus ditempuh.

Definisi Kurikulum

(Beane, etc. ,1991)

Menurut para ahli ada 4 klaster atau definisi kurikulum sebagai
  • Produk
  • Program
  • Tujuan yang terencana
  • Pengalaman belajar

Kurikulum Sebagai Produk
“kurikulum adalah hasil pengembangan aspek-aspek kurikulum oleh ahli yang digunakan sebagai pedoman”
     Maksudnya adalah kurikulum merupakan pedoman dalam hal ini adalah proses belajar mengajar dengan luaran suatu produk.

Aspek utama Kurikulum Sebagai Produk, terdapat
  • Capaian pembelajaran
  • Materi
  • Proses pembelajaran
  • Sistim penilaian
     Kemudian aspek utama tersebut dikembangkan menjadi suatu pedoman pembelajaran yang dapat berupa produk, antara lain, Silabus Pembelajaran (memuat panduan pembelajaran tiap semester) dan RPP (Rencana Pembelajaran) / RPS (Rencana Pembelajaran Semester) yang memuat rincian rencana pembelajaran pada setiap pertemuannya.

Kurikulum Sebagai Program 
     Kurikulum adalah program-program sekolah yang akan dilaksanakan dimasa mendatang sebagai wujud realisasi program.
     Komponen pendidikan yang terkait antara lain adalah guru, siswa, sapras.

Kurikulum Sebagai  Tujuan yang Terencana
     Kurikulum adalah suatu ide/gagasan yang merupakan harapan guru atau orang tua atau orang dewasa yang ingin direalisasikan atau diwujudkan kepada anak.

Kurikulum Sebagai Pengalaman Belajar
     Apa-apa yang sudah dimiliki oleh peserta didik setelah melakukan kegiatan pembelajaran.

Pendapat Ahli Mengenai Kurikulum 

  • John Dewey 
"…..education consists primarily in transmission through communication….. As societies become more complex in structure and resources, the need for formal or intentional teaching and learning increases"
        Kurikulum sebagai program sekolah  (laboratorium masyarakat)
  • Hilda Taba
A curriculum is a plan for learning; therefore, what is known about the learning process and development of the individual has bearing on the shaping of curriculum
        Rancangan pembelajaran yang menghasilkan produk.
  • Orlosky & Smith
Curriculum is the substance of the school program. It is the content pupils are axpected to learn.
        Program sekolah yang memuat harapan yang ingin dipelajari siswa.
  • Goodlad
A curriculum consists of all those learnings intended for student or group of students
        Merumuskan bahwa kurikulum merupakan tujuan pembelajaran
  • Casswell and Campbell
…..all of the experiences children have under the guidance of teachers.
        Pengalaman yang didapat adalah hasil arahan pengajar.
  •  PP 19 tahun 2005: 
"Seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu."
        Menitikberatkan pada rencana dan pengaturan.

 Kurikulum Dalam Perspektif 

  • Filosofis
       Kurikulum sebagai instrumen untuk mencapai tujuan kehidupan umat manusia (what man can become?).
  • Sosiologi
       Sosialisasi dan pembudayaan peserta didik.
       Sebagai wahana atau sarana untuk sosialisasi (membentuk anak menjadi semakin bermasyarakat atau bersosial)  dan pembudayaan (berbudi luhur yang tinggi).
  • Psikologi
       Pengembangan segenap potensi peserta didik. 
       Kurikulum sebagai suatu alat untuk mengembangkan peserta didik.

Komponen Utama Pendidikan 


Kaitan Kurikulum Dengan Pembelajaran

    Pembelajaran sebagai implementasi / realisasi dari kurikulum yang berlaku. 
     Kurikulum sebagai cerminan dari teori pendidikan yang sedang berlaku / berkembang.
     Contoh, penerapan kurikulum 2013 merupakan cerminan dari teori pendidikan yang sedang berlaku atau berkembang saat ini yaitu pengembangan pendidikan karakter dan membuat siswa menjadi aktif.

4 Model Kaitan Kurikulum dengan Pembelajaran 

  • Model Dualistis
     Menekankan bahwa kurikulum hanyalah sebatas suatu dokumen pembelajaran, sehingga penyusunan RPS yang tujuan awalnya sebagai pedoman, tidak digunakan
  • Model saling mengait (interlocking)
         Saling berkaitan
  • Model Consentric 
  • Model siklik (cyclic)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Model-model Pengembangan Kurikulum

FILSAFAT, TEORI PENDIDIKAN, DESAIN KURIKULUM, DAN TEORI BELAJAR

Pengembangan kurikulum