Capaian Pembelajaran

Apa itu Capaian pembelajaran?

Dalam KKNI,
CP didefinisikan sebagai kemampuan yang diperoleh melalui internalisasi pengetahuan, sikap, keterampilan, kompetensi,
dan akumulasi pengalaman kerja. CP merupakan penera (alat ukur) dari apa yang diperoleh seseorang dalam menyelesaikan proses belajar baik terstruktur maupun tidak.

Rumusan CP (4 unsur CP) 

yaitu sikap dan tata nilai,
kemampuan kerja, penguasaan
pengetahuan, dan wewenang dan
tanggung jawab.


  1. Sikap dan tata nilai: merupakan perilaku dan tata nilai yang merupakan karakter atau jati diri bangsa dan negara Indonesia. Sikap dan tata nilai ini terinternalisasi selama proses belajar , baik terstruktur maupun tidak. 
  2. Kemampuan kerja: merupakan wujud akhir dari transformasi potensi yang ada dalam setiap individu pembelajar menjadi kompetensi atau kemampuan yang aplikatif dan bermanfaat.
  3. Penguasaan pengetahuan: merupakan informasi yang telah diproses dan diorganisasikan untuk

memperoleh pemahaman, pengetahuan, dan pengalaman yang terakumulasi untuk memiliki
suatu kemampuan.
d. Wewenang dan tanggung Jawab: merupakan konsekuensi seorang pembelajar yang telah
memiliki kemampuan dan pengetahuan pendukungnya untuk berperan dalam masyarakat
secara benar dan beretika.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Model-model Pengembangan Kurikulum

FILSAFAT, TEORI PENDIDIKAN, DESAIN KURIKULUM, DAN TEORI BELAJAR

Pengembangan kurikulum