DESAIN KURIKULUM

Resume 6 November 2018

blogs.uny.ac.id,
fip.uny.ac.id,
uny.ac.id

DESAIN KURIKULUM 

Makna Desain Kurikulum

    1. Curriculum design refers to the arrangement of the elements of a curriculum (Murray Print, 1988).
    2. ... The arrangement of components or elements of a curriculum... Ordinarily, the components or elements included in a curriculum are (1) aims, goals, and objectives, (2) subject matter or content, (3) learning activities, and (4) evaluation...
    3. Curriculum design usually takes place as part of curriculum planning process

    Desain Kurikulum

    “SUBJECT MATTER

    • Asumsi-asumsi; tujuan (melatih peserta didik menggunakan ide-ide), Sumber tujuan (pendidikan klasik, Karakteristik peserta didik (anak sebagai tabung kosong), hakekat pembelajaran (ekspositorik dan inkuiri)
    • Ciri-ciri umum; berdasarkan atas suatur  struktur ilmu, pola kerja mekanik, dan memperhatikan isi dan proses belajar
    • komponen-komponen; tujuan (mengemukakan ide-ide), Materi (struktur disiplin llmu), proses pembelajaran (ekspositorik dan inkuiri), evaluasi (bervariasi sesuai tujuan dan sifat mata pelajaran)
    • Kelebihan; cocok di PT, logis dan sistematis, dan isi. komprehensif 
    • Kelemahannya; mengabaikan karakter peserta didik  
    • kurang memperhatikan proses

    KOMPETENSI 

    ASUMSI-ASUMSI 

    Tujuan    : mengubah perilaku yang teramati dan terukur
    Sumber Tujuan    : pendidikan berbasis kompetensi
    Karakteristik Peserta Didik    : anak sebagai individu yang aktif
    Hakikat Peserta Belajar    : pembelajaran Individual

    CIRI UMUM 

    Dasar →suatu kompetensi tertentu
    Pola Belajar →sistematik
    Perhatian → kinerja dan proses belajar

    KOMPONEN-KOMPONEN 

    Tujuan    : mengubah perilaku sesuai kebutuhan masyarakat
    Materi    : kompetensi
    Proses Pembelajaran    : individual
    Evaluasi    : berbasis kinerja

    KELEBIHAN

    • efisien dan efektif 
    • penguasaan materi terjamin 
    • akuntanbilitas terpenuhi

    KELEMAHAN

    • metode cenderung seragam kurang 
    • kurang memenuhi kebutuhan semua siswa 
    • transfer of learning result lemah 
    • sulit diterapkan untuk pembelajaran afektif 

    HUMANIS

    ASUMSI-ASUMSI

    Tujuan    : mengembangkan sifat kepribadian peserta didik
    Sumber Tujuan    : pendidikan nilai
    Karakter Peserta Didik    : pribadi yang unik
    Hakikat Pembelajaran    : melalui value clarification

    CIRI UMUM 

    Fokus → sifat kepribadian individual experience dan pengembangan diri

    KOMPONEN-KOMPONEN 

    Tujuan    :  pengembangan kepribadian
    Materi     : nilai-nilai moral
    Proses Pembelajaran    : latihan inkuiri
    Evaluasi  : tindakan

    KELEBIHAN 

    →pengembangan sifat kritis

    KELEMAHAN

    sulit dilakukan, pengalaman individu mempengaruhi keseluruhan, sulit melihat dampaknya dan tak ada dukungan publik

    REKONSTRUKSI SOSIAL 

    ASUMSI-ASUMSI 

    Tujuan   : pemecahan masalah sosial
    Materi    : struktur disiplin ilmu
    Proses pembelajaran :

    CIRI-CIRI UMUM 

    agar masyarakat atau problemnya

    KOMPONEN-KOMPONEN 

    Tujuan    : masyarakat demokratis
    Materi     : kebutuhan masyarakat
    Proses pembelajaran    : problem solving
    Evaluasi    : authentic assessment

    KELEBIHAN

    Siswa lebih peka dan kritis terhadap masalah masyarakat

    KELEMAHAN 

    pengembangan materi kurang memperhatikan struktur ilmu dan kurang cocok untuk pengembangan ilmuan

    INDIVIDUAL 

    ASUMSI-ASUMSI 

    Tujuan    : pengembangan potensi anak sebagai individu
    Sumber Tujuan    : pendidikan progresivisme
    Karakter Peserta Didik    : pribadi yang unik
    Hakikat Pembelajaran    : problem solving

    CIRI UMUM 

    Kebutuhan individu, fleksibel dan membantu siswa secara individual

    KOMPONEN-KOMPONEN 

    Tujuan    : pengembangan potensi anak sebagai individu
    Materi     : kebutuhan individu
    Proses Pembelajaran : problem solving
    Evaluasi  : tes dan non tes

    KELEBIHAN 

    Dapat memenuhi kebutuhan individu

    KELEMAHAN

    Belum mampu memenuhi semua kebutuhan masyarakat

    MODEL HIPOTESIS DAN ADAPTASI KURIKULUM UNTUK MASYARAKAT ABAD 21

    Desain kurikulum
    1. Integrated
    2. Multikultural
    3. Teknologi atau kompetensii 
    Adaptasi Kurikulum
    1. Potensi anak
    2. Keunikan peserta 
    3. Kebutuhan peserta
    4. Keseragaman etnis (multikultural)
    5. Keterampilan vokasional, futuristik,
    6. pendidikan untuk semua.

    TEORI BELAJAR

    • Behavioristik
    • Kognitif
    • Humanistik
    • Konstruktivistik
    1. Behavioristik

    1. Kognitif
    2. Humanistik
    3. Konstruktivistik

    Komentar

    Postingan populer dari blog ini

    Model-model Pengembangan Kurikulum

    FILSAFAT, TEORI PENDIDIKAN, DESAIN KURIKULUM, DAN TEORI BELAJAR

    Pengembangan kurikulum