DESAIN KURIKULUM
Resume 6 November 2018
blogs.uny.ac.id,fip.uny.ac.id,
uny.ac.id
DESAIN KURIKULUM
Makna Desain Kurikulum
- Curriculum design refers to the arrangement of the elements of a curriculum (Murray Print, 1988).
- ... The arrangement of components or elements of a curriculum... Ordinarily, the components or elements included in a curriculum are (1) aims, goals, and objectives, (2) subject matter or content, (3) learning activities, and (4) evaluation...
- Curriculum design usually takes place as part of curriculum planning process
Desain Kurikulum
“SUBJECT MATTER
- Asumsi-asumsi; tujuan (melatih peserta didik menggunakan ide-ide), Sumber tujuan (pendidikan klasik, Karakteristik peserta didik (anak sebagai tabung kosong), hakekat pembelajaran (ekspositorik dan inkuiri)
- Ciri-ciri umum; berdasarkan atas suatur struktur ilmu, pola kerja mekanik, dan memperhatikan isi dan proses belajar
- komponen-komponen; tujuan (mengemukakan ide-ide), Materi (struktur disiplin llmu), proses pembelajaran (ekspositorik dan inkuiri), evaluasi (bervariasi sesuai tujuan dan sifat mata pelajaran)
- Kelebihan; cocok di PT, logis dan sistematis, dan isi. komprehensif
- Kelemahannya; mengabaikan karakter peserta didik
- kurang memperhatikan proses
KOMPETENSI
ASUMSI-ASUMSI
Tujuan : mengubah perilaku yang teramati dan terukurSumber Tujuan : pendidikan berbasis kompetensi
Karakteristik Peserta Didik : anak sebagai individu yang aktif
Hakikat Peserta Belajar : pembelajaran Individual
CIRI UMUM
Dasar →suatu kompetensi tertentuPola Belajar →sistematik
Perhatian → kinerja dan proses belajar
KOMPONEN-KOMPONEN
Tujuan : mengubah perilaku sesuai kebutuhan masyarakatMateri : kompetensi
Proses Pembelajaran : individual
Evaluasi : berbasis kinerja
KELEBIHAN
- efisien dan efektif
- penguasaan materi terjamin
- akuntanbilitas terpenuhi
KELEMAHAN
- metode cenderung seragam kurang
- kurang memenuhi kebutuhan semua siswa
- transfer of learning result lemah
- sulit diterapkan untuk pembelajaran afektif
HUMANIS
ASUMSI-ASUMSI
Tujuan : mengembangkan sifat kepribadian peserta didikSumber Tujuan : pendidikan nilai
Karakter Peserta Didik : pribadi yang unik
Hakikat Pembelajaran : melalui value clarification
CIRI UMUM
Fokus → sifat kepribadian individual experience dan pengembangan diriKOMPONEN-KOMPONEN
Tujuan : pengembangan kepribadianMateri : nilai-nilai moral
Proses Pembelajaran : latihan inkuiri
Evaluasi : tindakan
KELEBIHAN
→pengembangan sifat kritisKELEMAHAN
sulit dilakukan, pengalaman individu mempengaruhi keseluruhan, sulit melihat dampaknya dan tak ada dukungan publikREKONSTRUKSI SOSIAL
ASUMSI-ASUMSI
Tujuan : pemecahan masalah sosialMateri : struktur disiplin ilmu
Proses pembelajaran :
CIRI-CIRI UMUM
agar masyarakat atau problemnyaKOMPONEN-KOMPONEN
Tujuan : masyarakat demokratisMateri : kebutuhan masyarakat
Proses pembelajaran : problem solving
Evaluasi : authentic assessment
KELEBIHAN
Siswa lebih peka dan kritis terhadap masalah masyarakatKELEMAHAN
pengembangan materi kurang memperhatikan struktur ilmu dan kurang cocok untuk pengembangan ilmuanINDIVIDUAL
ASUMSI-ASUMSI
Tujuan : pengembangan potensi anak sebagai individuSumber Tujuan : pendidikan progresivisme
Karakter Peserta Didik : pribadi yang unik
Hakikat Pembelajaran : problem solving
CIRI UMUM
Kebutuhan individu, fleksibel dan membantu siswa secara individualKOMPONEN-KOMPONEN
Tujuan : pengembangan potensi anak sebagai individuMateri : kebutuhan individu
Proses Pembelajaran : problem solving
Evaluasi : tes dan non tes
KELEBIHAN
Dapat memenuhi kebutuhan individuKELEMAHAN
Belum mampu memenuhi semua kebutuhan masyarakatMODEL HIPOTESIS DAN ADAPTASI KURIKULUM UNTUK MASYARAKAT ABAD 21
Desain kurikulum- Integrated
- Multikultural
- Teknologi atau kompetensii
- Potensi anak
- Keunikan peserta
- Kebutuhan peserta
- Keseragaman etnis (multikultural)
- Keterampilan vokasional, futuristik,
- pendidikan untuk semua.
TEORI BELAJAR
- Behavioristik
- Kognitif
- Humanistik
- Konstruktivistik
- Behavioristik
- Kognitif
- Humanistik
- Konstruktivistik
Komentar
Posting Komentar
Terima kasih anda telah beretika dalam memberikan komentar