FILSAFAT, TEORI PENDIDIKAN, DESAIN KURIKULUM, DAN TEORI BELAJAR (Lanjutan)
Resume 23 Oktober 2018
FILSAFAT, TEORI PENDIDIKAN, DESAIN KURIKULUM, DAN TEORI BELAJAR
(Lanjutan)
ALIRAN FILSAFAT
PERENIALISME "Abadi; kekal; ajeg"
- Dasar filsafat : realisme "nyata"
- Tujuan pembelajaran → Mendidik anak menjadi rasional dan berintelektual
- Pengetahuan bersifat permanen
- Peran guru → membantu siswa berpikir berpikir rasional
- Metode pembelajaran → ekspositoris (memberi tahu atau memaparkan bukan mencari tahu)
Essensialisme "pokok"
- Dasar Filsafat : Idealisme dan Realisme
- Tujuan Pembelajaran → anak berkembang intelektualnya dan berkompetensi
- Pengetahuan → keterampilan esensial, dan pengetahuan dasar
- Peran guru → Otorita
- Metode pembelajaran → tradisional
Progresivisme "perubahan positif"
- Dasar Filsafat : Pragmatis
- Tujuan Pembelajaran → anak hidup demokratis
- Pengetahuan → pengetahuan hidup demokratis
- Peran guru → pembimbing
- Metode pembelajaran → problem solving
Rekonstruksionisme
- Dasar Filsafat : Pragmatis
- Tujuan pembelajaran → Rekonstruksi masyarakat pembangunan
- Pengetahuan → Pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan saat ini
- Peran Guru → Agen perubahan
- Metode pembelajaran → Problem solving
memakai landasan yang mana? bebas aja
Contoh
Pancasila sebagai landasan
sila-sila Pancasila
- ketuhanan yang maha esa
- kemanusiaan
- persatuan
- kerakyatan
- keadilan
Tahapan Pengembangan Kurikulum Merancang Implementasi Evaluasi
Komponen Pengembangan Kurikulum
Kompetensi Materi Pembelajaran Evaluasi
TEORI PENDIDIKAN
Pendidikan Klasik
Guru ←Materi→ Siswa
- Materi : pengetahuan yang berguna bagi siswa tergolong organisasi secara logis dan jelas
- Guru : ahli dan model
- Siswa : individu yang pasif
Pendidikan Teknologi
Guru ←Materi→ Siswa
- Materi : competencies (kompetensi)
- Guru : expert (fasilitator)
- Siswa : active person (siswa sebagai subjek yang belajar)
Pendidikan Personal
Guru ←Materi→ Siswa
- Materi : student's experiences
- Guru : fasilitator
- Siswa : whole person (manusia seutuhnya)
Pendidikan Interaksional
Guru ←Materi→ Siswa
Siswa menjadi warga masyarakat yang baik
- Materi : particular problem of our contemporary socio cultural world
- Guru : Facilitator
- siswa : student learn in his
Komentar
Posting Komentar
Terima kasih anda telah beretika dalam memberikan komentar