FILSAFAT, TEORI PENDIDIKAN, DESAIN KURIKULUM, DAN TEORI BELAJAR (Lanjutan)

Resume 23 Oktober 2018
Blogs.uny.ac.id fip.uny.ac.id uny.ac.id

FILSAFAT, TEORI PENDIDIKAN, DESAIN KURIKULUM, DAN TEORI BELAJAR

(Lanjutan)

Narasumber : Prof. Anik Gufron

ALIRAN FILSAFAT 

PERENIALISME "Abadi; kekal; ajeg" 

  1. Dasar filsafat : realisme "nyata" 
  2. Tujuan pembelajaran → Mendidik anak menjadi rasional dan berintelektual 
  3. Pengetahuan bersifat permanen 
  4. Peran guru → membantu siswa berpikir berpikir rasional 
  5. Metode pembelajaran → ekspositoris    (memberi tahu atau memaparkan bukan mencari tahu)

Essensialisme "pokok" 

  1. Dasar Filsafat : Idealisme dan Realisme 
  2. Tujuan Pembelajaran → anak berkembang intelektualnya dan berkompetensi 
  3. Pengetahuan → keterampilan esensial, dan pengetahuan dasar 
  4. Peran guru → Otorita 
  5. Metode pembelajaran → tradisional 

Progresivisme "perubahan positif" 

  1. Dasar Filsafat : Pragmatis 
  2. Tujuan Pembelajaran → anak hidup demokratis 
  3. Pengetahuan → pengetahuan hidup demokratis 
  4. Peran guru → pembimbing 
  5. Metode pembelajaran → problem solving 

Rekonstruksionisme 

  1. Dasar Filsafat : Pragmatis 
  2. Tujuan pembelajaran → Rekonstruksi masyarakat pembangunan 
  3. Pengetahuan → Pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan saat ini 
  4. Peran Guru → Agen perubahan 
  5. Metode pembelajaran → Problem solving 

memakai landasan yang mana? bebas aja   

Contoh 

Pancasila sebagai landasan 
sila-sila Pancasila 
  1. ketuhanan yang maha esa 
  2. kemanusiaan
  3. persatuan
  4. kerakyatan 
  5. keadilan 

Tahapan Pengembangan Kurikulum Merancang Implementasi Evaluasi 

Komponen Pengembangan Kurikulum
Kompetensi Materi Pembelajaran Evaluasi 

TEORI PENDIDIKAN 

Pendidikan Klasik  

Guru ←Materi→ Siswa 
  1. Materi : pengetahuan yang berguna bagi siswa tergolong organisasi secara logis dan jelas 
  2. Guru : ahli dan model 
  3. Siswa : individu yang pasif 

Pendidikan Teknologi 

Guru ←Materi→ Siswa 
  1. Materi : competencies (kompetensi) 
  2. Guru : expert (fasilitator) 
  3. Siswa : active person (siswa sebagai subjek yang belajar) 

Pendidikan Personal 

Guru ←Materi→ Siswa 
  1. Materi : student's experiences 
  2. Guru : fasilitator 
  3. Siswa : whole person (manusia seutuhnya) 

Pendidikan Interaksional 

Guru ←Materi→ Siswa 
Siswa menjadi warga masyarakat yang baik 
  1. Materi : particular problem of our contemporary socio cultural world 
  2. Guru : Facilitator 
  3. siswa : student learn in his

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Model-model Pengembangan Kurikulum

FILSAFAT, TEORI PENDIDIKAN, DESAIN KURIKULUM, DAN TEORI BELAJAR

Pengembangan kurikulum